Apa yang dimaksud dengan pemasaran
Pengertian Pemasaran Menurut Para Ahli
- WY. Stanton Pemasaran adalah sesuatu yang
meliputi seluruh sistem yang berhubungan dengan tujuan untuk merencanakan dan
menentukan harga sampai dengan mempromosikan dan mendistribusikan barang dan
jasa yang bisa memuaskan kebutuhan pembeli aktual maupun potensial.
- H. Nystrom Pemasaran merupakan suatu
kegiatan penyaluran barang atau jasa dari tangan produsen ke tangan konsumen.
- Philip dan Duncan Pemasaran yaitu sesuatu
yang meliputi semua langkah yang dipakai atau dibutuhkan untuk menempatkan barang
yang bersifat tangible ke tangan konsumen.
- Asosiasi Pemasaran Amerika Serikat / American
Merketing Association Pemasaran adalah pelaksanaan kegiatan usaha
pedagangan yang diarahkan pada aliran barang dan jasa dari produsen ke
konsumen.
Jadi pemasaran adalah suatu sistem
dari kegiatan bisnis yang dirancang untuk merencanakan, menentukan harga,
promosi dan mendistribusikan barang-barang yang dapat memuaskan keinginan dan
mencapai pasar sasaran ,serta tujuan perusahaan. Tetapi pada dasarnya pemasaran
menyangkut 4P (Price, Product, Place, and Promotion).
Mengapa pemasaran
sering disebut juga sebagai permintaan
Umumnya orang beranggapan bahwa manajemen
pemasaran berkaitan dengan upaya pencarian pelanggan dalam jumlah besar untuk
menjual produk yang telah dihasilkan perusahaan. Tetapi pandangan ini terlalu
sempit, karena biasanya suatu organisasi (perusahaan) akan menghadapi kondisi
permintaan produk yang tingkatannya beda-beda. Pada suatu saat mungkin tidak
ada permintaan terhadap produknya, mungkin permintaannya cukup, permintaannya
tidak teratur, atau terlalu banyak permintaan, sehingga manajemen pemasaran
harus mencapai jalan untuk mengatasi keadaan permintaan yang berubah-ubah ini.
Jadi, manajamen pemasaran tidak saja berkaitan dengan upaya mencari dan
meningkatkan permintaan, tetapi juga mengelola permintaan pada saat tertentu.
Manajemen pemasaran berupaya mempengaruhi tingkat, saat, dan karakter
permintaan dengan cara akan membantu pencapaian tujuan organisasi. Karena itu
manajemen pemasaran sering disebut juga sebagai manajemen permintaan.
Apa beda kebutuhan dan
keinginan berdasarkan konsep inti pemasaran
KEBUTUHAN Konsep dasar yang melandasi
pemasaran adalah kebutuhan manusia. Kebutuhan manusia adalah pernyataan dari
rasa kahilangan dan manusia mempunyai banyak kebutuhan yang kompleks. Kebutuhan
manusia yang kompleks tersebut karena bukan hanya fisik (makanan, pakaian,
perumahan dll), tetapi juga rasa aman, aktualisasi diri, sosialisasi,
penghargaan, kepemilikan. Semua kebutuhan berasal dari masyarakat konsumen,
bila tidak puas kosumen akan mencari produk atau jasa yang dapat memuaskan
kebutuhan tersebut.
Contoh:
- Makan adalah kebutuhan yang tidak terelakan.
Bukan cuma manusia, setiap makhluk hidup butuh yang namanya makan. Makan akan
memberikan tenaga dan kesehatan bagi manusia, maka makan makanan yang bergizi
adalah kebutuhan kita semua.
- Berpakaian adalah kebutuhan kita agar
terlindung dari cuaca. Pakaian juga berfungsi untuk menjaga aurat yang musti
kita jaga.
KEINGINAN Bentuk kebutuhan manusia yang
dihasilkan oleh budaya dan kepribadian individual dinamakan keinginan.
Keinginan digambarkan dalam bentuk obyek yang akan memuaskan kebutuhan mereka
atau keinginan adalah hasrat akan penawar kebutuhan yang spesifik. Masyarakat
yang semakin berkembang, keinginannya juga semakin luas, tetapi ada
keterbatasan dana, waktu, tenaga dan ruang, sehingga dibutuhkan perusahaan yang
bisa memuaskan keinginan sekaligus memenuhi kebutuhan manusia dengan menembus
keterbatasan tersebut, paling tidak meminimalisasi keterbatasan sumber daya.
Contoh :
- Makanan memiliki fungsi utama sebagai sumber
energi untuk tubuh. Sedangkan memberikan rasa enak adalah fungsi tambahan dari
makanan. Maka makanan enak adalah keinginan, bukan kebutuhan.
- Bagi sebagian orang mungkin memang dibutuhkan
untuk berpakaian dengan jenis tertentu untuk kepantasannya, seperti memakai
dasi atau jas yang bermerk dan mahal.
Sumber: http://chinmi.wordpress.com/2007/07/31/arti-definisi-pengertian-pemasaran-menurut-para-ahli/ http://kireieka.blogspot.com/2013/04/definisi-pemasaran-menurut-para-ahli.htmlhttp://books.google.co.id/books?id=EVfWJ7nbd-kC&pg=PA124&lpg=PA124&dq=pemasaran+sering+disebut+sebagai+permintaan&source=bl&ots=o9ushmvSk8&sig=9nXIGBf7uk3XN9BaAJhMluphNAo&hl=id&sa=X&ei=goh7UtfhO4H-rAfYmYCoDw&redir_esc=y#v=onepage&q=pemasaran%20sering%20disebut%20sebagai%20permintaan&f=falsehttp://pemasarandankeuangan.blogspot.com/2013/03/konsep-inti-pemasaran.html http://dwitafhadillah10.blogspot.com/2013/10/tugas-4.htmlhttp://kamilaazhar.blogspot.com/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar