The Body Shop
Pendahuluan
1. Latar
belakang
The body shop adalah sebuah merk
kosmetik international yang beroprasi lebih dari 2100 outlet di 55 negara, yang
melayani 77 juta pelanggan dalam 27 bahasa. Body shop didirikan oleh Anita
Roddick pada tahun 1976 di Brighton, Inggris.
Misi body shop adalah mendedikasikan bisnis ini kea rah
sosial dan perubahan lingkungan kea rah yang lebih baik.
Prinsip body shop biasanya berkaitan dengan kepedulian
terhadap lingkungan dan orang sekitar kita.
Ini dibuktikan dengan adanya 5 slogan besar body shop yaitu
:
a. Protect
our planet
Adalah filosofi yang menginspirasikan komitmennya untuk
menjadi penjual yang bertanggung jawab atas lingkungannya. Body shop
berkomitmen untuk mensupport teknologi dan menggunakan material yang ramah
lingkungan dan dengan mempromosikan penggunaan sumber yang dapat diperbaharui.
b. Against
animal testing
Body Shop percaya tidak ada binatang yang harus dikorbankan
untuk memproduksi produk. Ada banyak sekali bahan yang memungkinkan untuk
membuat produk dengan kualitas tertinggi, inovatif, efektif, dan produk yang
aman tanpa harus membahayakan binatang.
c. Support
community trade
Body shop mendukung perdagangan yang jujur. Support
community membuat hubungan langsung jual beli dengan komunitas yang
terpencil di seluruh dunia dimana kita dapat mendapatkan bahan natural dengan
komunitas tertinggi. Community trade merupakan kerjasama untuk merubah hal-hal
yang tidak menguntungkan.
d. Activite
self esteem
Merupakan berbicara tentang diri sendiri, yaitu:
· Self
awardnes : kesadaran atas diri sendiri
· Self
confidence: percaya diri
· Self
worth: menghargai diri sendiri
· Self
acceptance: menerima diri sendiri
Visi nya adalah menjadikan semua orang bangga dan senang
terhadap apa yang dimiliki oleh dirinya sendiri.
e. Defend
human right
The body shop merupakan satu-satunya produk kosmetik yang
memiliki keperdulian tinggi terhadap bumi kita. “The Body Shop” menyadari bahwa
bumi kita sekarang ini sudah rusak oleh polusi, bahan-bahan kimia, penggalian
tidak terkendali dan pengrusakan lingkungan, bahkan keadaan seperti ini juga
turut mempengaruhi prilaku manusia menjadi kurang baik.
The body shop mengajak kita bersama-sama untuk memperbaiki
bumi yang sudah rusak ini. Dengan cara selalu berusaha meminimalkan dampak
negative setiap proses bisnisnya bagi lingkungan. Dari proses pemilihan bahan
baku, produksi, pengemasan, distribusi, hingga ke tangan pelanggan. The body
shop menjalankan kebijakan untuk selalu menggunakan bahan yang dapat di
perbaharui.
The body shop tidak pernah dan tidak akan pernah
mengujicobakan bahan dasar maupun produk kepada binatang. The Body Shop percaya
kita tidak perlu mengorbankan binatang untuk kecantikan.
The Body Shop mebangun hubungan perdagangan yang saling
menguntungkan dengan masyarakat melalui program community trade. The Body Shop
memproleh bahan baku bermutu sedangkan mereka memproleh kemandirian sosial
ekonomi/ harga yang layak.
Kesehatan tubuh dan ketenangan jiwa merupakan perpaduan yang
tidak dapat ditawar lagi. Keduanya harus semaksimal mungkin diusahakan seimbang
dan berjalan secara bersamaan serta saling mendukung satu sama lain sehingga
kita akan dapat menjalani hidup kita tanpa beban dan menghargai hidup kita.
Segala sesuatu yang positif berasal dari hati dan jiwa yang sehat.
dapat menjalani hidup ini dengan sehat, yakni sehat
fisik,mental,spiritual. Istirahat itu dapat dinikmati dan dirasakan dengan baik
apabila kita dapat mengistirahatkan seluruh tubuh dan mental sejenak. Relaksasi
adalah salah satu alternative yang dapat di tempuh untuk mengistirahatkan
fungsi fisik dan mental sejenak.
2. Tujuan
a. Mengurangi
tingkat ketegangan pikiran (stress) para remaja dan dewasa muda.
b. Menciptakan
lapangan kerja baru
Body Shop
1. Sejarah
Body Shop
Toko pertama dari The Body
Shop dibuka pada tanggal 26 Maret 1976 di Brighton, di daerah Selatan pantai
Inggris.
Pada tahun 1978 sebuah kios kecil di Brussels menjadi toko
franchise pertama yang dibuka di luar negri, dan di tahun 1982 2 toko baru
dibuka setiap bulannya.
Pada tahun 1985, di tahun pertamanya sebagai perusahaan
publik, The Body Shop mensponsori poster untuk Greenpeace. Setahun kemudian,
menciptakan sebuah Departemen yang menangani Projek Lingkungan Hidup, saat
kampanye besar The Body Shop adalah "Save the Whale" bersama
Greenpeace, pada tahun 1986. Dan pada tahun 1986 seorang pemasok di selatan
india memproduksi Produk Community Trade The Body Shop yang pertama,
sebuah Footsie Roller. Perdagangan Footsie Rollers ini berkembang menjadi
perdagangan dengan Teddy Exports di India, salah satu pemasok utama di
Community Trade.
Pada tahun 1990, setelah satu tahun
peluncurannya di Amerika Serikat, terdapat 2,500 aplikasi untuk membuka
franchise, dengan permintaan produk The Body Shop yang terus menerus, melihat
perkembangannya di 39 negara hanya dalam waktu 14 tahun setelah toko pertama
dibuka.dan pada tahun 1990 didirikan The Body Shop Foundation, sebuah badan
amal yang mencari dana untuk kelompok perlindungan Hak – hak asasi manusia dan
Lingkungan hidup. Proposal The Big Issue untuk membantu para tuna wisma,
yang dimulai sebagai Proyek dari The Body Shop Foundation, diluncurkan pada
tahun 1991. Dan di tahun 1998 kesuksesan dari The Body Shop Foundation terlihat
saat peluncuran The Big Issue stateside, di Los Angeles.
The New Academy of Business
didirikan pada tahun 1995, atas inisiatif dari Anita Roddick. Gelar bidang
manajemen yang inovatif ini, menunjukkan kehidupan sosial, permasalahan
lingkungan hidup dan moral, berlangsung di The University of Bath, di Inggris.
Pada tahun 1993 The Body Shop meluncurkan sebuah kampanye
internasional besar untuk meningkatkan kesadaran akan keadaan menyedihkan dari
masyarakat Ogoni dan pemimpin mereka Ken Saro-Wiwa. Mereka dianiaya karena
melakukan protes terhadap perusahaan minyak Shell dan eksploitasi tanah air
mereka oleh kediktatoran pemimpin Nigeria. The Body Shop At Home, bagian
penjualan langsung, diluncurkan di Inggris pada tahun 1994, di Kanada pada
tahun 1995, di Australia pada tahun 1997, dan di Amerika Serikat pada tahun
2001. Sampai saat ini sudah berjalan di 48 negara bagian di Amerika Serikat dan
terus berkembang. The Body Shop melanjutkan untuk meningkatkan praktek ramah
lingkungannya. Di tahun 2001, The Body Shop di wilayah Inggris dan kantor pusat
pelayanan di Watersmead, mengubah ke sistem Ecotricity, yang memberikan mereka
energi dari sumber yang bisa diperbaharui. Sebagai tambahannya, beberapa toko
The Body Shop saat ini berganti ke sistem listrik yang ramah lingkungan.
Kesuksesan kampanye termasuk
kampanye melawan uji coba pada binatang. Kampanye tersebut mengarah ke larangan
uji coba produk dan bahan kosmetik ke binatang di seluruh Inggris pada bulan
November 1998, dan mengarah kepada petisi yang terbesar (4 juta tanda tangan)
yang dikirimkan ke Komisi Eropa pada tahun 1996.
Di tahun 1997, The Body Shop menjadi perusahaan kosmetik
internasional pertama yang menandatangani the Humane Cosmetics Standard, yang
didukung oleh kelompok perlindungan binatang internasional. Pada tahun 1995 dan
1997 The Body Shop Values Reports diperkenalkan sebagai pelopor oleh United
Nations Environmental Programme and Sustainability, dan berada di urutan
tertinggi pada tinjauan laporan International Corporate Environmental. Di
tahun 1997, The Body Shop merayakan ulang tahunnya yang ke 21dengan meluncurkan
desain toko terbaru, yang memenangkan penghargaan bergengsi Retail Week Store
Design of the Year.
Untuk merayakan ulang tahun ke 50
dari Universal Declaration of Human Rights pada tahun 1998, The Body Shop
meluncurkan sebuah kampanye internasional bekerja sama dengan Amnesty
International untuk menyoroti kejadian buruk yang menimpa pembela hak – hak
asasi manusia di seluruh dunia, mendorong para pelanggan untuk memberi dukungan
melalui 'Make Your Mark' atas hak – hak asasi manusia. Kampanye ini berjalan
dengan sukses dan berhasil mendapatkan dukungan dari 3 juta orang.
Pada tahun 1999, The Body Shop menciptakan 4 unit bisnis di
Inggris, Eropa, Amerika dan Asia mengubah sistem operasi dan struktur manajemen
ke wilayah masing - masing. Tahun 2001 menjadi tahun pertama peluncuran The
Body Shop customer reward program di Amerika Serikat. Hal ini menjadi sangat
populer, saat ini menjadi kunci utama pemasaran global, dikenal sebagai program
Love Your Body (di Indonesia dikenal sebagai The Body Shop People Membership
Program) dengan memberikan penghargaan kepada pelanggan potongan 10% dari semua
pembelian, hadiah gratis dan sebuah hadiah ulang tahun, serta keuntungan –
keuntungan lain yang hanya bisa didapatkan oleh anggota. The Body Shop membuka
cabangnya di Afrika Selatan pada Juni 2001, melalui New Clicks Holdings sebagai
pemegang lisensi franchise The Body Shop di Afrika Selatan. New Clicks memiliki
komitmen yang kuat terhadap tanggung jawab sosial perusahaan melalui New Clicks
Foundation.
Selama tahun 2002, The Body Shop menjalankan sebuah kampanye
global bersama Greenpeace International untuk mempromosikan energi yang bisa
diperbaharui, yang puncaknya terjadi pada presentasi dari lebih 6 juta
tandatangan pelanggan di the World Summit for Sustainable Development di
Johannesburg. Kami memajukan komitmen kami terhadap ketahanan lingkungan hidup
melalui investasi pada energi yang dapat diperbaharui, mendanai proyek
efisiensi energi untuk membangun dunia, dan mendampingi daur ulang setelah
pemakaian kedalam keemasan kami.
Selama tahun 2003 The Body Shop
meluncurkan sebuah kampanye untuk meningkatkan kesadaran dan mencari dana untuk
mereka yang terkena dampak kekerasan dalam rumah tangga. Kampanye Stop Violence
In The Home dibangun selama hampir satu dekade mengkampanyekan permasalahan ini
di berbagai pasar, termasuk Kanada, Amerika Serikat dan Malaysia Barat.
Kampanye ini bertujuan untuk menyoroti permasalahan tersebut, mencari dana
untuk mendukung kelompok yang menolong korban – korban kekerasan, dan
memastikan bahwa para pelanggan dan para karyawan disediakan informasi yang
cukup tentang sumber nasihat dan bantuan.
Anita Roddick ditentukan menjadi seorang Dame dari Kerajaan
Inggris sebagai bagian dari pemberian tanda jasa memperingati hari ulang tahun
Ratu Inggris pada hari Sabtu tanggal 14 Juni 2003. Selama tahun 2003 The Body
Shop membuka tokonya di Estonia dan Turki.
Pada tahun 2004 The Body Shop adalah perusahaan retail
pertama yang bergabung dengan the Board of the Roundtable for Sustainable Palm
Oil, bekerjasama dengan NGOs dan perkebunan untuk melindungi hutan tropis dan
memperbaiki hak – hak asasi dari para pekerja dan penduduk setempat.
Pada tahun 2005 The Body Shop bergabung dengan The Campaign
for Safe Cosmetics dan diberi pujian oleh Greenpeace dan Breastcancer Fund
karena tanggungjawab kami terhadap kebijakan kimiawinya. Di tahun 2005 The Body
Shop mendapatkan penghargaan atas keberhasilannya mencapai standar yang lebih
tinggi pada bidang kesejahteraan binatang di kategori kosmetik pada penghargaan
tahunan The Royal Society of Prevention of Cruelty to Animals di Inggris.
Sebuah juri panel independen memilih The Body Shop sebagai pemenangnya karena
kebijakan kami tentang perlawanan terhadap uji coba binatang. Pada tahun 2005
The Body Shop membuka cabangnya di yordania dan rusia, jumlah took di seluruh dunia
menjadi 2.045 toko.
Pada tanggal 27 Maret 2006 The Body
Shop berulang tahun ke 30. Pada tahun 2006 The Body Shop memenangkan
penghargaan PETA's Proggy (progress) karena komitmen yang loyal terhadap
pencegahan uji coba terhadap binatang. Pada tahun 2006, sebagai bagian dari
kelanjutan Stop Violence in the Home, The Body Shop menciptakan kerjasama
dengan United Nations Secretary – General’s Study on Violence Against Children,
untuk melakukan penelitian tentang pengaruh kekerasan dalam rumah tangga pada anak
– anak. The Body Shop menjadi bagian dari L'Oréal Group dan dihapus dari Bursa
Efek London pada tanggal 12 Juli 2006. Dengan tetap mempertahankan identitas
uniknya serta nilai – nilainya dan terus bebasis di Inggris. Beroperasi secara
independen dalam L'Oréal Group dan dijalankan oleh tim manajemen The Body Shop
yang melapor langsung kepada CEO L'Oréal, Jean-Paul Agon.
Pada tanggal 10 September 2007, penemu dan inspirasi, Dame
Anita Roddick, secara menyedihkan meninggal dunia pada usia 64. Warisan dan inspirasi
beliau terus berjalan di The Body Shop. Pada tahun 2007 The Body Shop
menggabungkan kekuatan dengan MTV dan bersama meluncurkan kampanye HIV/AIDS
yang ditujukan untuk mengumpulkan dana dan meningkatkan kesadaran terhadap isu
HIV/AIDS di kalangan anak-anak muda, melalui Spray to Change Attitudes. Lebih
dari 430.000 didapatkan dari penjualan wewangian Limited Edition Rougeberry.
Dana yang terkumpul disalurkan ke Staying Alive Foundation, sebuah badan amal
yang mengumpulkan dana bersama Organisasi grass roots, meningkatkan kesadaran
dan mengedukasi generasi muda dan generasi terancam tentang HIV dan AIDS.
Pada Januari 2008 Sophie Gasperment bergabung bersama The
Body Shop, menjabat sebagai Chief Executive sejak Juni 2008. Pada bulan Agustus
2008 diluncurkan tampilan brand baru dari The Body Shop.
2. Analisa
Identitas Logo dan Nama
Sekilas, logo The Body Shop terlihat
seperti berada dalam lingkaran. Namun bila diamati lagi, bentuk lingkaran
tersebut menyerupai bentuk benih tanaman. Hal ini bisa berkaitan dengan konsep
produk The Body Shop yang eco-friendly, dan bersahabat dengan alam.
Benih juga merupakan awal mula dari suatu kelahiran dan bertumbuh menjadi
individu (pohon) yang berguna untuk lingkungan, sehingga dapat diartikan
sebagai awal yang baru, dan tidak menimbulkan dampak negatif yang terlalu besar
untuk lingkungan.
jenis tulisan yang digunakan oleh The Body Shop adalah Yoga
Sans. Tidak banyak unsur dekoratif yang terdapat pada jenis tulisan. Makna yang
terpancar dari jenis tulisannya ialah tegas, konsisten, dan serius.
Warna yang digunakan oleh logo
tersebut adalah Darkgreen. Jika dikombinasikan dengan jenis tulisan, warna ini
membuat logo terlihat lebih ‘playful’ sehingga terasa dapat
cocok untuk segala usia. Namun dikarenakan penggunaan warna yang mudah dan
merata ke seluruh bagian logo, The Body Shop dapat mengganti warna logo untuk
berbagai keperluan sesuai dengan warna latar belakangnya. Sebagai contoh,
produk dengan kemasan biru logonya berwarna putih, dan lain sebagainya.
3. Produk
Produk utama The Body Shop ialah
produk perawatan tubuh, hampir segala keperluan dari atas rambut sampai ujung
kaki tersedia pada produknya. Beberapa contoh produk The Body Shop sampai
sekarang ialah :
a. Perawatan
Tubuh
Wajah : Pembersih wajah, masker wajah, pelembab, perawatan
mata, perawatan bibir, sabun pencuci muka, serum.
b. Wajah:
Pembersih wajah, masker wajah, pelembab, perawatan mata, perawatan bibir, sabun
pencuci muka, serum.
c. Rambut:
Shampoo, conditioner, perawatan rambut, hair styling.
d. Kosmetik:
Bedak, blush-on, lipstik, peralatan make-up.
e. Parfum:
cologne, parfum wanita, parfum pria, lilin/aromaterapi.
f. Aksesoris:
Sikat badan, peralatan perawatan kuku, loofah.
The
Body Shop adalah perusahan franchise kosmetika kedua terbesar di dunia, dengan
memiliki 2.400 toko di 61 negara. The Body Shop berpusat di Leittlehampton,
Inggris yang didirikan oleh Dame
Anita Roddick. The Body Shop
terkenal dengan produk – produknya yang berbahan natural, seperti Body Butter, Peppermint Foot
Lotion, dan Hemp, selain itu dukungan The Body Shop terhadap hal – hal yang
tidak mendukung keramahan terhadap alam, mebuat perusahaan ini menjadi pusat
perhatian. Contohnya saja slogan – slogan yang dibuat oleh The Body Shop,
seperti Against Animal Testing(Lawan
Uji Coba Terhadap Hewan), Support
Community Trade, Active Self Esteem, Defend Human Rights, dan Protect Our
Planets.
The Body Shop Terkenal di Dunia
Dibuka pada tahun 1976, Anita Roddick benar – benar tidak
mempunyai pengalaman dalam berbisnis. Untuk pertama kali, ia hanya melakukan
penjualan sebesar 300 Poundsterling. Makin lama, Anita belajar bagaimana
berwiraswasta dan berbisnis yang benar. Akhirnya setelah lebih dari 30 tahun,
The Body Shop terkenal didunia dan memiliki lebih dari 2.200 toko di 55 pasaran
yang berbeda. Perkembangannya pesat, yaitu 50% per tahun. Sahamnya juga beredar
di Unlisted Securities Market London. Hingga pada tahun 1991, nilai
perusahaannya mencapai 350 juta Poundsterling. Tahun 1996 The Body Shop
meluncurkan salah satu sistem belanja baru, yaitu The Body Shop at Home dimana
pelanggan bisa memesan seorang konsultan tanpa biaya dan mengunjungi rumah
mereka untuk mendemonstrasikan produk The Body Shop. Dan pada Maret 2006, The Body
Shop dibeli L’Oréal dengan harga 652,3 juta Poundsterling.
The Body Shop Indonesia
The Body Shop mulai masuk ke Indonesia beberapa tahun lalu
dan sekarang tersebar di beberapa kota besar Indonesia, seperti Aceh, Bali,
Solo, Surabaya, Balikpapan, Bogor, Banjarmasin, Bogor, dan kota Jabodetabek.
Produk Body Shop Indonesia yang memakai bahan natural sering dijadikan alasan
para konsumen yang percaya kepada produk perawatan tubuh atau wajah dengan
menggunakan bahan alami. Produk best sellers mereka di Indonesia adalah of A
Man Eau De Toilette, Vitamin E Moisture Cream, Strawberry Body Butter, Moringa
Body Butter, dan masih banyak lagi. Jika kamu ingin melihat produk
lengkap dari The Body Shop, kamu bisa lihat di website resminya.
Kesimpulan :
The body shop juga menyediakan layanan online untuk membeli produknya. The body shop didirikan pada tahun 2005, saat itu isu mengenai global warming mulai hangat dibicarakan di tengah-tengah keramaian dunia. Saat proses global warming.
The body shop adalah produk yang dipasarkan di Negara-negara yang dikategorikan cukup maju dan para pelaku konsumen yang relative cukup konsumtif untuk menggunakan produk mereka. Seperti halnya di Indonesia, namun, the body shop hanya di jual di beberapa kota besar saja. Seperti di daerah jabodetabek. Sangat sulit untuk memperoleh produk ini apabila kita tinggal di kota yang masih relative kecil atau bahkan di dearah pedesaan. Karena memang produk ini ditujukan pada wanita yang tinggal di kota besar untuk menikmati produk kecantikan dari alam agar mereka tidak jenuh dan penat terhadap kehidupan mereka sehari-hari yang amat monoton.
Saran :
Banyak sekali kekurangan dalam makalah singkat ini, saya hanya berharap agar makalah ini dapat membantu para wanita untuk lebih selektif dan cerdas dalam menggunakan produk kecantikan.
Sumber :http://hertynfrianka.blogspot.com/2010/10/konsep-pemasaran-body-shop.htmlhttp://fitryhidayanti.blogspot.com/2012_03_01_archive.html http://www.dskon.com/the-body-shop/
Nama/NPM : Ignassius Leonardo /24213215
Muhammad Jenal Aripin /25213737
Trya Fedi /29213005
Tidak ada komentar:
Posting Komentar